Kantor KPUD Bintan Di Demo

Kondisi pengamanan saat kantor KPUD Bintan di demo massa, Senin 12 Agustus 2024.

Bintan, Kepri – Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bintan didemo dengan anarkis oleh para pendemo yang memprotes hasil pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur Kupulauan Riau, Bupati dan Wakil Bupati Bintan, yang sedang dibacakan oleh Ketua KPUD kabupaten Bintan Haris Daulay di Kantor kantor KPUD Bintan, Senin (12/08/2024).

Namun pendemo berhasil dilumpuhkan, Polisi yang melakukan tindakan tegas dan terukur sesuai dengan SOP dilapangan.

Pendemo merasa tidak terima dengan penghitungan suara oleh KPUD Bintan, karena merasa dicurangi, sekelompok massa melakukan aksi demo.

Pendemo berusaha masuk ke kantor KPUD Bintan untuk membuat kerusuhan, namun dicegah oleh pasukan pengamanan, aksi pendemo sudah mulai anarkis dengan membakar Ban di jalan bahkan sudah mulai memblokir jalan.

Bahkan terjadi adu fisik antara pendemo dengan petugas pengamanan, personel pengamanan masih menghimbau para pendemo agar tidak melakukan kekerasan dan tidak melakukan pengrusakan.

Namun, himbauan petugas tidak diindahkan oleh para pendemo, sehingga dilakukan tindakan tegas dan terukur oleh petugas yang menimbulkan korban luka dari pihak pendemo, namun pantauan dilapangan tampak diselamatkan oleh tim Kesehatan.

Akhirnya, karena kesal para pendemopun bereaksi dengan anarkis, sehingga Polri harus bertindak tegas mengamankan aksi demo tersebut.

Pendemo tampak melakukan kekerasan namun 400 personel, yang terdiri dari personel Polres Bintan, Batalyon B Sat Brimobda Polda Kepri dan Satpol PP kabupaten Bintan, berusaha melakukan himbauan agar tidak melakukan perbuatan yang anarkis saat melakukan aksi demo.

Kejadian ini merupakan Simulasi yang dilaksanakan oleh Polres Bintan dan Batalyon B Satbrimobda Polda Kepri dalam rangka pengamanan Pilkada serentak tahun 2024 yang dilaksanakan di kantor KPUD Bintan di Ceruk Ijuk.

Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo, S.I.K., M.M mengatakan melalui Kabagops Polres Bintan AKP Eriman, bahwa simulasi Sistim Pengamanan Kota tersebut salah satu rangkaian dalam dalam Operasi Mantab Praja yaitu Operasi Pengamanan Pilkada tahun 2024.

“Hari ini kami melaksanakan latihan Sistim Pengamanan Kota (Sispamkota) yaitu pengamanan aksi demo yang dilakukan oleh masyarakat di kantor KPUD Bintan,” ujarnya

“Latihan Sispamkota ini salah satu rangkaian yang dilaksanakan oleh Polres Bintan dalam rangka Operasi Mantab Praja 2024 yaitu Operasi Pengamanan Pilkada,” lanjutnya.

Eriman mengimbau masyarakat, agar jangan terlalu cepat percaya dengan berita yang belum tentu kebenarannya, apalagi berasal dari sumber yang tidak dapat dipercaya.

“Mari kita bersama menjaga kamtibmas yang kondusif selama berjalannya masa Pilkada di Kabupaten Bintan,” pungkasnya

Patar Sianipar(*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.