Ketua KPU Bintan : Pilkada Merupakan Pesta Demokrasi

Ketua KPU Bintan, Haris Daulay saat menyampaikan sambutannya sekaligus membuka kwgiatan media gathering, Kamis 03/10/2024 (Foto: Patar Sianipar)

Bintan, Kepri – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bintan, menggelar media gathering yang menghadirkan sejumlah wartawan, pemantau pemilu, serta Liaison Officer (LO) dari pasangan calon, kelompok penggiat kotak kosong, dengan nara sumber dari Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bintan, serta dari Polres Bintan, berlangsung di Hello Bintan, Kecamatan Gunung Kijang, Kamis (03/10/2024) sekira pukul 13.00 WIB.

Media Gathering ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pilkada Bintan dan Pilkada Kepulauan Riau (Kepri) 27 November 2024 mendatang

Ketua KPU Bintan, Haris Daulay dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya sosialisasi jelang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri, serta Bupati dan Wakil Bupati Bintan.

Dari kiri ke kanan : Narasumber dari KPU, Polres Bintan dan Bawaslu (batik merah), Kamis 03/10/2024 ( Foto: Patar Sianipar)

“Jadi, dalam kegiatan ini, kami mengundang berbagai pihak, termasuk narasumber dari Baqaslu dan Polres Bintan, media, pemantau, LO pasangan calon, dan penggiat kotak kosong dengan total 40 peserta,” jelasnya

Lebuh lanjut Haris menjelaskan, bahwa setelah penetapan dan pengundian nomor urut pasangan calon, Pilkada memasuki tahap penyelenggaraan. Meskipun calon kepala daerah dapat maju melalui jalur partai politik, ataupun jalur independen (perseorangan)

“Di Kabupaten Bintan tidak ada yang mendaftar melalui jalur perseorangan, semtara itu proses pendaftaran sudah diumumkan melalui berbagai media, namun hingga batas akhir tidak ada yang mendaftar sebagai calon independen,” terangnya.

Karena hanya satu pasangan calon yang terdaftar melalui jalur partai politik, KPU sempat memperpanjang masa pendaftaran. Namun, tetap tidak ada juga pasangan calon lain yang mengajukan diri.

LO Paslon Nomor urut 1 Pilkada Bintan (pakai baju batik) berfoto bersama Penggiat Kotak Kosong, Kamis 03/10/2024 (Foto: Patar Sianipar)

Kondisi ini sama dengan beberapa daerah lain di Indonesia yang hanya memiliki satu pasangan calon.

“Kami saat ini fokus mempersiapkan logistik untuk Pilkada, termasuk memastikan hak-hak pemilih tetap terjaga, meskipun hanya ada satu pasangan calon. Tahapan kampanye sedang dipersiapkan, namun KPU memastikan tidak akan ada debat calon karena hanya satu pasangan yang maju,” tuturnya lanjut.

Haris juga mengapresiasi dukungan media dalam menyebarluaskan informasi terkait tahapan Pilkada. Ia berharap masyarakat Bintan tetap menggunakan hak pilihnya pada pilkada nanti, meskipun Pilkada Bintan hanya diikuti satu pasangan calon.

“Pilkada merupakan pesta demokrasi, jadi diharapkan partisipasi masyarakat xalam pilkada ini sangat penting, jadi untukitu diharapkan pertemuanini dapat mencerdaskan masyarakat Bintan, agar datang ke TPS pada tanggal 27 November 2024 nanti, untuk memilih pemimpin Bintan kedepannya walu hanya satu paslon saja,”  pungkasnya.

Patar Sianipar

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.