Warga Tionghoa Tanjung Uban Gelar Sembahyang Keselamatan

Ahaw, Ketua Panitia Sembahyang Keselamatan saat diwawancarai, Senin malam 16/09/2024 (Foto: Patar Sianipar)

Bintan, Kepri – Sembahyang keselamatan Tanjung Uban dan sekitarnya terlaksana sukses vihara Dharma Santi Tanjung Uban Senin 16/09/2024 malam.

Ahaw, ketua panitia sembahyang keselamatan ini mengatakan bahwa secara spesifik sembahyang keselamatan ini, dimulai pada tanggalan 14 hari bulan kedelapan tionghoa.

“Perayaan malam ini, adalah untuk menyambut 15 hari bulan bagi masyarakat tionghoa,” jelaanya.

“Untuk esok malam akan ada lelang, dan tamu akan datang dari Tanjungpinang, Batam dan kemungkinan juga dari negara tetangga seperti Singapore,” ujarnya.

“Lelang itu umumnya lukisan-lukisan, kue khas (kue mangkok) bertingkat tiga, ukuran 12 inci, 8 inci dan 6 inci, dan jeruk,” lanjutnya.

Ahaw mengatakan harapannya, dengan pelaksanaan sembahyang keselamatan ini tak lain adalah untuk keselamatan seluruh warga Tanjung Uban.

Sementara itu, Camat Bintan Utara, Helmi Setiawati yang kerap disapa Wati ini, mengapresiasi panitia yang telah mempersiapkan kegiatan selama tiga hari, yang dimulai malam ini hingga dua hari kedepan.

“Tentunya seluruh panitia telah bekerja keras. Agar kegiatan berjalan lancar dan sukses,” ujarnya.

Lebih lanjut Wati mengatakan, bahwa Bintan Utara banyak seni dan budaya, salah satunya ibadah sembahyang keselamatan harus terus terjaga. Vihara Dharma Shanti Tanjung Uban, contoh wisata riligius, yang bisa mendatangkan wisatawan.

“Dan menjaga silaturahmi, untuk persatuan dan kesatuan, karena pada bulan November akan datang, akan ada pesta demokrasi, yakni Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), mari sama-sama kita sukseskan,” imbaunya.

Hadir pada kegiatan ini, camat Bintan Utara, Tokoh Masyarakat Tanjung Uban, Tokoh Agama dan pengamanan dari Polres Bintan.

Patar Sianipar

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.