Tradisi Angkat Talam Bingke Di Tambelan

Anggota Polres Bintan, Aipda Adi Romadhan, Bhabinkamtibmas Desa Batu Lepuk saat melakukan pengantaran talam bingke dari rumah warga menuju masjid, Senin (16/09/2024)

Bintan, Kepri – Maulid nabi Muhammad SAW, yang diperingati umat muslim sedunia, pada tahun 2024 ini diperingati sebagai peringatan ke 1446 Hijriyah atau yang dirayakan setiap tanggal 12 Rabiulawal dalam kalender Hijriah umat Islam.

Baharuddin, mantan Camat Tambelan, ketika mengunjungi orangtua yang tengah sakit di Tambelan menyampaikan bahwa di Kabupaten Bintan, yakni Kecamatan Tambelan, tradisi angkat talam bingke,menjadi tradisi yang turun temurun dilakukan.

“Pagi hari ini, Senin 16 September 2024, tampak salah seorang anggota Polres Bintan, Aipda Adi Romadhan Bhabinkamtibmas Desa Batu Lepuk, yang merupakan pelayan masyarakat tampak mengangkat talam berisi bingke dan pisang goreng dari rumah maayarakat menuju masjid,” ujarnya

“Kalau pagi hari, hanya dua jenis makanan tersebut yang di antarkan, namun pada sore harinya dilakukan pengantaran nasi,” lanjutnya.

“Saya senang melihat tradisi yang sudah sejak lama ini masih tetap dilakukan, dan harapan saya semoga ini tetap dapat dilestarikan,” pungkasnya.

Patar Sianipar

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.