Aunur Rafiq Bersilaturahmi Ke Petani Sungai Jeram, Desa Lancang Kuning

Aunur Rafiq selaku ketua HKTI Provinsi Kepri bersilaturahmi ke petani kampung Sungai Jeram Desa Lancang Kuning, Kamis 12/09/2024 (Foto: Patar Sianipar)

Bintan, Kepri – Sekira pukul 17.14 WIB, Bupati Karimun yang juga sebagai ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Kepulauan Riau, Aunur Rafiq, tiba di desa Lancang Kuning tepatnya di Kampung Sungai jeram, disambut dengan tarian tradisional reog, Kamis (12/09/2024)

Kedatangan Aunur Rafiq sebagai ketua HKTI provinsi bertujuan untuk bersilaturahmi dengan masyarakat petani yang ada di Kampung Sungai Jeram Desa Lancang Kuning, sekaligis mendengarkan permasalahan-permaslahan warga petani setempat.

Dalam sambutannya Aunur Rafiq dihadapan lebih kurang 200 petani, menyatakan mendengar penyampaian dari yang mewakili petani setempat terkait tanah yang diklaim sebagai hutan lindung, dan juga susahnya mendapatkan pupuk subsidi bagi petani, dan permaslahan lengolahan lahan yang masih manual yakni mempergunakan cangkul.

Menyikapi akan penyampaian tersebut, Aunur menyikapi permaslahan status lahan tersebut mengatakan bahwa secara bersama nantinya akan diusahakan untuk melepaskan status tersebut dari hutan lindung agar dapat dimiliki kembali oleh masyarakat.

“Mudah-mudahan ada jalan keluar dipemerintahan yang baru ini, untuk kita bermusyawarah agar apa yang menjadi permaslahan disini dapat diselesaikan,” ujarnya.

Begitu juga terkait pupuk dan hand tracktor, Aunur menyampaikan ini bukanlah merupakan janji politik, namun karena ada keluhan, wajib kita dengarkan dan dicari solusinya, agar petani dapat beeaktivitas lebih baik.

Diakhir pertemuannya dengan petani setempat, Aunur Rafik menyerahkan pupuk cair yang dapat dicampur dengan 30 drum air, dan juga menyerahkan bantuan untuk tenda senilai 10 juta rupiah.

Aunur dan timnya meninggalkan lokasi pertemuan, dan akan melanjutkan pertemuan selanjutnya ke Pondok Pesantren Mambhaus Solihin Kampung Bugis Tanjung Uban, namun sebelumnya beliau menunaikan shalat maghrib di masjid Al Muhajirin Kampung Baru.

Patar Sianipar

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.