Karhutla Kembali Terjadi Di Bintan, 1 Ha Lahan Terbakar

Lokasi karhutla di Desa Penaga kampung Banser Kecamatan Teluk Bintan, Senin 02/09/2024 (Foto Patar Sianipar)

Bintan, Kepri – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Desa Penaga kampung Banser Kecamatan Teluk Bintan, yang terjadi sekira pukul 15.00 WIB berhasil dipadamkan pemadam kebakaran (damkar) Toapaya sekira pukul 18.00, Senin (02/09/2024).

Beberapa warga yang tinggal di daerah tersebut ketika ditanya siapa pemilik lahan ini, mereka mengatakan warga Tanjung Pinang, namun tidak diketahui nama dan alamat pemilik.

Warga juga mengatakan bahwa mereka (pemilik lahan), sekali seminggu pasti datang untuk melihat lokasinya. Diketahui di lokasi lahan tersebut berdiri rumah bertingkat sederhana, namun tidak ikut terbakar.

Makmur, S Sos, Kepala UPT Damkar Toapaya saat di lapangan, lokasi ini memang masih masuk wilayah kerja mereka, dan diperkirakan luas lahan yang terbakar mencapai 1 hektar dan belum diketahui, apa penyebab terbakarnya lahan tersebut.

Kami mendapatkan laporan bahwa ada kebakaran hutan dan lahan sekira pukul 16.00 WIB, dari Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Ramlah atas laporan dari warga yang melintas di Jalan Lintas Barat, ketika melihat ada asap hitam membubung, lalu mencari asal asap tersebut.

Tampak petugas Damkar UPTD Damkar Toapaya, sedang melakukan pemadaman api di lokasi yang terbakar, Senin 02/09/2024 (Foto: Patar Sianipar)

Setibanya di lokasi tersebut, warga tersebut segera melaporkan ke UPTD Damkar Tanjyng Uban, melalui WA, dengan melampirkan dokumentasi, dan diarahkan untuk melaporkan ke UPTD Toapaya, karena lokasi tersebut wilayah tanggungjawab UPTD Damkar Toapaya.

Hal ini juga disebabkan di daerah Tanjung Uban juga lagi proses pemadaman api di Jalan Raya Tanjung Uban Tanjung Pinang KM 77, desa Sebong Pereh Kecamatan Teluk Sebung.

UPTD Damkar Toapaya menurunkan personil dan pelaksanaan pemadaman berjalan lancar pukul 18. 00 Tim kembali ke Kantor UPTD Damkar Toapaya.

Patar Sianipar

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.