Memasak Serba Ikan, Disosialisasikan Bupati Bintan Dan Isteri

Roby dan Hafizha foto bersama usai  sosialisasi, Senin 22 Juli 2024.

Bintan, Kepri – Program Nasional Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Bintan,  dikampanyekan Tim Penggerak dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) yang merupakan mitra kerja pemerintah dan organisasi kemasyarakatan, dimana fungsi TP PKK sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali, dan penggerak di masing-masing jenjang untuk terlaksananya program PKK. Dalam hal ini, TP PKK Bintan menggelar Lomba Masak Serba Ikan tingkat Kabupaten Bintan, tahun 2024. Kampanye ini sebagai upaya intervensi penurunan stunting.

Kegiatan ini juga disejalankan dengan penyerahan paket Gemarikan yang dibuka langsung oleh Bupati Bintan Roby Kurniawan, di Taman Wisata Desa Kuala Sempang, Senin (22/07/2024) pagi.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Bintan Hafizha Rahmadhani menyampaikan, bahwa kegiatan yang dilaksanakan bertujuan sebagai wujud sosialisasi program gemar ikan kepada masyarakat di Bintan secara umum. Dirinya berharap berbagai upaya yang telah dilakukan khususnya bersama Kader PKK selama ini benar-benar mampu membawa Bintan menuju zero stunting.

“Jadi yang pertama kita ingin sosialisasikan agar masyarakat kita gemar makan ikan. Kalau sekarang kan banyak pilihan makanan yang instan, cepat saji dan sebagainya. Jangan sampai kita lupa bahwa wilayah kita dikaruniai sumber protein yang luar biasa lewat ikan-ikan yang berlimpah” jelasnya.

Bupati Bintan sendiri dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan ini dapat menumbuhkan ide dan kreasi dalam pengolahan makanan dengan bahan dasar ikan.

“Kegiatan yang dilaksanakan merupakan upaya, agar masyarakat gemar memakan ikan. Karena apabila berbicara masalah stunting di daerah kepulauan seharusnya nol persen, karena memiliki sumber daya ikan yang merupakan sumber protein yang sangat tinggi” katanya.

Kegiatan tahunan ini juga diharapkan mampu meningkatkan daya kreatifitas para UMKM, yang berfokus pada pengolahan hasil perikanan laut. Disinilah Kader PKK berperan untuk memaksimalkan penambahan gizi bagi masyarakat, melalui hasil alam yang mudah didapat.

Patar Sianipar

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.