115 Penumpang Mudik Gratis Dengan KN Sarotama P-112

Foto bersama sebelum keberangkatan kapal KN Sarotama P-112, ke Dabo Singkep dalam rangka mudik gratis, Minggu 08 April 2024 (F. Patar Sianipar)

Bintan, Kepri– Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Jon Kenedi, melepas secara resmi KN Sarotama-P.112 dari Pelabuhan Sei Kolak Kijang, Bintan Timur ke Pelabuhan Dabo Singkep, Lingga, yang digunakan untuk mengangkut pemudik, dihadiri Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo, serta unsur pimpinan maupun perwakilan TNI, serta pihak Bazarnas, dan jajaran Kementerian Perhubungan setempat, Minggu (7/4/2024) sekira pukul 12.00 WIB.

“Kami memfasilitasi KN Sarotama P-112 untuk warga yang akan mudik lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah tahun ini, tujuan Kabupaten Lingga,” ujarnya.

“Pasalnya, kapal penumpang rute Pelabuhan Dabo Singkep sulit melayani warga itu pada momen lebaran,” lanjutnya.

“Karena tingginya mobilisasi arus mudik setiap tahunnya, sehingga KPLP Tanjunguban menyiapkan kapal itu untuk membawa penumpang secara gratis,” imbuhnya.

Kepala Pangkalan (Kalan) PLP Kelas II Tanjunguban, Sugeng Riyono, S.E., menyampaikan, bahwa pihaknya menyiapkan kapal itu, atas instruksi Kementerian Perhubungan (Kemenhub), untuk membantu serta meringankan beban masyarakat.

“Kami memfasilitasi masyarakat untuk kepentingam mudik lebaran agar mereka dapat bersilaturahmi dengan dengan keluarga besar mereka di kampung halaman masing-masing, dan penumpang yang diberangkatkan berjumlah 115 orang yang terdiri dari dewasa dan anak-anak” tuturnya.

Menurutnya, seluruh penumpang juga mendapat berbagai fasilitas kapal dalam perjalanan dari Kijang hingga tujuan akhir yakni Dabo Singkep. Dan untuk ketibaan kapal dijadwalkan di Lingga, Senin (08/04/2024) dini hari.

Di antaranya fasilitasnya adalah tempat tidur, menu berbuka puasa, dan menu sahur Ramadhan,

Sementara itu Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Bupati Bintan, Wan Rudi Iskandar mengatakan, dirinya mewakili Pemkab Bintan mengapresiasi kepada PLP telah memfasilitasi warga tersebut.

“Pemkab berterima kasih kepada semua stakeholder yang terlibat melakukan tugas pengamanan untuk memberikan kelancaran serta rasa aman terhadap warga yang melakukan perjalanan mudik dan arus balik,” ucapnya.

“Kami ucapkan selamat berlayar para penumpang KN Sarotama, semoga sampai tujuan dengan lancar dan aman,” pungkasnya.

Patar Sianipar

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.